You are here
Home > Bisnis > Ketentuan Untuk Menjadi Agen Asuransi Terlengkap Ada Disini

Ketentuan Untuk Menjadi Agen Asuransi Terlengkap Ada Disini

agen asuransi

Memiliki layanan asuransi untuk perlindungan adalah hal yang wajib dan penting dipenuhi untuk sebagian besar orang. Hal ini dilakukan untuk menghindari berbagai resiko kerugian yang bisa datang kapan saja dan menimpa anda sewaktu-waktu. Dengan adanya asuransi, baik asuransi jiwa mau pun asuransi kesehatan dan asuransi lainnya, anda bisa hidup dengan nyaman dan merasa lebih tenang karena sudah terlindungi untuk kerugian yang mungkin anda tanggung di masa depan.

Selain untuk perlindungan, asurans juga bisa digunakan sebagai lahan bisnis. Angka penjualan asuransi yang tinggi tentunya menggoda sebagian besar orang atau bahkan anda sendiri untuk menjalani bisnis asuransi. Untuk menjalankan bisnis secara legal, bisa dengan mendaftarkan diri anda sebagai agen asuransi.

Dalam UU No. 2 tahun 1992 pada pasal 1 ayat 10, agen asuransi didefinisikan sebagai seseorang atau badan hukum yang kegiatannya memberikan jasa dalam memasarkan jasa asuransi untuk dan atas nama penanggung (perusahaan asuransi). Jadi tugas agen ini adalah untuk membuat terjadinya suatu kesepakatan antara pihak tertanggung dengan pihak penanggung, kesepakatan tersebut akan diatur dalam sebuah perjanjian asuransi.

Seorang agen biasanya hanya bisa bekerja untuk satu perusahaan asuransi saja, berbeda dengan agen lainnya yang bisa memegang dua atau beberapa produk dari perusahaan yang berbeda. Hal ini berguna agar para agennya tersebut hanya terfokus pada perusahaan tempat bernaungnya saja, sehingga dalam melakukan pemasarannya terbilang lebih maksimal dan lancar.

Produk asuransi memang bisa dikatakan sebagai salah satu produk yang cukup sulit untuk dijual. Oleh sebab itu, biasanya agen untuk produk asuransi merupakan tenaga pemasaran yang handal dan lebih tahan banting jika dibandingkan dengan agen pemasaran produk lainnya. Namun tahukan anda bahwa dengan menjadi agen produk asuransi bisa menghasilkan uang jauh diatas rata-rata bahkan berkali lipat jumlahnya. Apakah anda tergiur untuk menjadi salah satunya?

agen asuransi

Setidaknya ada beberapa ketentuan yang harus anda penuhi jika anda ingin menjadi agen produk asuransi. Ketentuan tersebut telah diatur di dalam pasal 27 PP No. 73 tahun 1992 yang menjelaskan bahwa;

  1. Setiap agen asuransi hanya dapat menjadi agen dari satu perusahaan asuransi saja.
  2. Agen asuransi wajib memiliki perjanjian keagenan dengan perusahaan asuransi yang diageninya.
  3. Semua tindakan agen asuransi yang berkaitan dengan transaksi asuransi menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi yang diageninya.
  4. Agen asuransi dalam menjalankan kegiatannya harus memberikan keterangan yang benar dan jelas kepada calon tertanggung tentang program asuransi yang dipasarkan dan ketentuan isi polis, termasuk hak dan kewajiban calon tertanggung tersebut.

Poin diatas dengan jelas mengatur kewenangan dan juga kewajiban seorang agen produk asuransi. Ketentuan tersebut menjadi bukti jelas bahwa pemerintah memang menganggap asuransi sebagai sebuah hal yang penting dan menjadi kebutuhan umum yang perlu diatur berdasarkan hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

Anda perlu membekali diri anda dengan keinginan dan komitmen yang kuat jika anda ingin menjadi salah satu agen pemasaran produk asuransi, karena asuransi memang bukan produk yang mudah untuk dipasarkan. Anda harus memiliki jiwa marketing dalam menjalankan tugas anda sebagai anda, dengan begitu anda akan lebih mudah dalam menjalani profesi tersebut.

Untuk menjadi seorang agen yang baik tentu anda harus memiliki kepercayaan yang sangat tinggi pada produk yang sedang anda pasarkan, dengan begitu klien anda juga akan lebih mudah percaya pada produk tersebut. Kepercayaan yang anda dapat dari klien itulah yang menjadi kunci utama dalam penjualan yang anda lakukan.

Leave a Reply

Top