You are here
Home > Info > Ingin Tahu Apa itu Asuransi Kesehatan? Ini Penjelasan Lengkapnya

Ingin Tahu Apa itu Asuransi Kesehatan? Ini Penjelasan Lengkapnya

apa itu asuransi kesehatan

Bagi sebagian yang masih awam dengan dunia asuransi atau mereka yang hendak ingin memiliki asuransi mungkin bertanya-tanya apa itu asuransi, ada berapa jenis asuransi, manfaat, dan lain sebagainya. Artikel ini akan membahas salah satu jenis asuransi yang termasuk ke dalama jajaran paling populer yaitu asuransi kesehatan.

Lantas, apa itu asuransi kesehatan? Asuransi kesehatan merupakan sebuah jenis produk asuransi yang secara khusus menjamin biaya kesehatan nasabah. Asuransi ini mengatasi resiko atas kesehatan dan akan menanggung biaya perawatan jika nasabah jatuh sakit atau mengalami kecelakaan.

Untuk mendapatkan jaminan penanggungan kesehatan oleh pihak asuransi, Anda sebagai nasabah harus membayar premi, yaitu uang yang dibayarkan kepada pihak perusahaan secara berkala dan besarannya bervariasi. Besaran premi ini memang ditentukan oleh pihak perusahaan, namun banyak pilihan premi yang sanggup Anda bayarkan tiap bulan atau tiap waktu tertentu sesuai dengan kebutuhan dan pendapatan Anda.

Anda dapat memperoleh produk asuransi kesehatan di berbagai jenis perusahaan asuransi, seperti: perusahaan asuransi jiwa, perusahaan asuransi sosial, dan perusahaan asuransi umum. Untuk produk asuransi kesehatan yang hendak dibeli, secara umum, perusahaan asuransi akan menawarkan jenis perawatan produknya menjadi dua jenis, yaitu: in-patient treatment (rawat inap) dan out-patient treatment (rawat jalan). Jika Anda ingin membeli dengan menjadi nasabah perusahaan asuransi, maka Anda akan diminta untuk memilih produk asuransi yang tepat dengan Anda.

apa itu asuransi kesehatan

Jika tadi mambahs apa itu asuransi kesehatan, sekarang mari membaca tentang apa manfaat asuransi kesehatan. Ada banyak manfaat yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan, di antaranya adalah:

  1. Sebagai tabungan kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan bentuk lain dari tabungan dan investasi. Dengan membayar premi secara berkala dan konsisten terhadap perusahaan asuransi, merupakan salah satu kegiatan menabung yang akan sangat bermanfaat bagi Anda di masa depan. Sebagai tabungan kesehatan, asuransi ini akan sangat terasa manfaatnya jika sewaktu-waktu Anda mengalami kecelakaan yang menyebabkan Anda jatuh sakit.

  1. Meringankan beban personal dan keluarga

Kesehatan merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Karena itu, membeli asuransi kesehatan adalah tindakan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan tersebut sekaligus sebagai bentuk peringanan beban jika suatu hari Anda mengalami kecelakaan dan membutuhkan biaya perawatan dan pengobatan yang sangat mahal. Jadi, tidak ada biaya ‘kaget’, karena hal tersebut ditanggung oleh perusahaan asuransi. Tentu saja, selain meringankan beban diri sendiri, dengan menggunakan asuransi kesehatan sama dengan membantu meringankan beban keluarga. Mereka tidak perlu lagi merogoh kocek untuk membiaya perawatan Anda.

  1. Hidup nyaman dan damai

Dengan menggunakan jasa perusahaan asuransi dan menggunakan produk kesehatannya, maka tak ada beban atau pun rasa khawatir yang berlebihan. Manusia memang tak dapat terhindar dari sebuah musibah, kecelakaan, atau jatuh sakit, tapi Anda dapat mengurangi dampak negatif yang didapatkan dengan menggunakan asuransi kesehatan. Hal ini setidaknya dapat menimbulkan rasa nyaman dan damai kepada diri Anda dan keluarga ketimbang dengan tidak sama sekali memiliki jaminan apa-apa untuk resiko kesehatan di masa depan.

Demikianlah artikel mengenai apa itu asuransi kesehatan dan sekilas mengenai manfaatnya. Semoga artikel ini berguna dan dapat memperluas wawasan Anda

Leave a Reply

Top