You are here
Home > Info > Asuransi General dan Produk Asuransi yang Termasuk Didalamnya

Asuransi General dan Produk Asuransi yang Termasuk Didalamnya

asuransi general Indonesia

Saat ini sudah banyak sekali perusahaan asuransi yang tersebar di Indonesia. Asuransi yang ditawarkan pun cukup banyak mulai dari asuransi kesehata, asuransi jiwa, sampai asuransi general Indonesia. Asuransi General atau Asuransi umum ini adalah sebuah layanan yang ditawarkan oleh perusahaan untuk pencegahan dan penanggulana resiko dan kerugian yang dialami nasabahnya yang disebabkan oleh suatu hal yang tidak bisa di prediksi di masa depan. Karena hal tersebut tidak dapat diprediksiĀ  maka pihak asuransi akan memberikan jaminan penggantian berupa uang yang dapat dikatakan sebagai santunan kepada nasabahnya ketika terjadi hal tersebut.

Jeni asuransi ini jelas berbeda dengan asuransi jiwa. Sebab, asuransi umum memiliki tujuan untuk melindungi aset berharga nasabahnya dari bencana atau peristwa tidak terduga. Diantara dari aset itu adalah bangunan rumah beserta isinya, mobil sebagai kendaraan utama, dan lain-lain. Jelas berbeda dengan asuransi jiwa yang memberikan perlindungan diri ketika anda dan keluarga anda sakit atau meninggal dunia.

Jeni asuransi ini telah dilindungi oleh badan yang bernama Asosiasi Asuransi Umum Indonesia atau AAUI. Tentunya, setiap jenis asuransi akan memberikan berbagai macam manfaat dan kelebihan untuk anda. Pada dasarnya, berdasarkan undang-undang, berikut ini adalah pengertian asuransi umum yang dibagi menjadi tiga, yaitu:

  1. Punya Kepentingan

Unsur kepentingan dari asuransi umum adalah mutlak dah harus segera diselesaikan. Kepentingan itu sendiri yaitu pihak pertangunggan yang bersifat subjektif bisa rusak, hilang ataupun berkurang nilai yang disebabkan oleh suatu hal yang tidak terduga. Pada kondisi yang seperti inilah anda bisa mengajukan klaim asuransi umum.

  1. Terjadi Peristiwa Yang Tidak Terduga

Anda bisa mengajukan klaim asuransi ketika terjadi peristwa yang tidak terduga dan menyebabkan kerugian materiil ataupun bukan. Dengan catatan bahwa peristiwa tersebut tidak dilakukan secara sengaja hanya untuk tujuan tertentu saja. Namun hal tersebut murni sebuah kecelakaan.

asuransi general Indonesia

  1. Menyebabkan Kerugian

Pada saat telah terjadi suatu hal yang menyebabkan kerugian pada pemiliknya, maka pihak penanggung akan mengganti dalam bentuk jaminan uang sesuai dengan kesepakatan yang sudah disetujui oleh kedua belah pihak. Tentunya besaran jumlah uangnya pun juga tergantung pada jenis asuransi yang dipilih oleh pihak nasabah sebelumnya.

Asuransi umum atau general ini biasanya akan menawarkan produk asuransi yang sesuai dengan aset nasabahnya. Cukup banyak produk yang ditawarkan diantaranya adalah:

  • Asuransi Kendaraan Bermotor

Untuk jenis produk ini, manfaatnya adalah untuk perlindungan kendaraan bermotor yang dimiliki oleh nasabahnya. Munculnya asuransi ini mungkin disebabkan oleh tingginya resiko-resiko kecelakaan baik kecil maupun besar yang bisa menimpa kendaraan anda suatu saat nanti. Diantaranya adalah kecelakaan lalu lintas, bencana alam, resiko kerusakan oleh pihak ketiga, dan juga kejatuhan benda berat yang menyebabkan kerusakan pada kendaraan anda. Sistem penggantiannya pun dibagi menjadi dua yakni TLO dimana mengganti hanya jika kendaraan tersebut rusak lebih dari 75% dan all risk yang mengganti segala jenis kerusakan yang terjadi pada kendaraan anda.

  • Asuransi Kebakaran

Produk asuransi umum yang satu ini biasanya dipilih untuk melindungi rumah anda dari resiko kebakaran. Tentu anda hanya bisa melakukan klaim asuransi kebakaran ini apabila kebakarannya terjadi tanpa disengaja dan merupakan murni kesalahan atau kejadian tidak diduga seperti ledakan gas, kerusuhan, ataupun korslet aliran listrik.

  • Asuransi Kebongkaran

Jenis asuransi yang satu ini juga masing berhubungan dengan rumah anda. Bedanya, jenis yang satu ini untuk melindungi barang berharga didalam rumah anda ketika terjadi kehilangan yang disebabkan oleh pencurian, perampokan, bencana alam, serta penjarahan. Namun anda perlu mengetahui bahwa tidak semua perabotan dapat di asuransikan salah satunya adalah barang berharga seperti emas.

Itulah pengertian dan beberapa contoh dari asuransi umum atau asuransi general Indonesia yang bisa anda pilih untuk melindungi barang berharga anda dari resiko yang tidak diduga. Semoga bermanfaat, sebab lebih baik mencegah daripada mengobati.

Leave a Reply

Top