You are here
Home > Info > Cara Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik untuk Karyawan Perusahaan Anda

Cara Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik untuk Karyawan Perusahaan Anda

asuransi kesehatan terbaik untuk karyawan

Jika anda seorang karyawan yang memang dituntut untuk selalu bugar agar tidak ada hambatan dalam melakukan pekerjaan anda, anda tentunya membutuhkan jaminan kesehatan. Jaminan kesehatan ini adalah asuransi kesehatan. Anda tidak perlu memusingkan keuangan anda jika anda terserang penyakit karena anda sudah memiliki asuransi yang akan mengcover biaya perawatan anda. Segala jenis penyakit maupun musibah yang menyangkut kesehatan anda bisa ditanggung oleh pihak asuransi, namun sesuai dengan perjanjian atau polis asuransi yang sudah disetujui kedua belah pihak.

Dalam memilih asuransi kesehatan terbaik untuk karyawan seperti anda memang tidaklah mudah. Terdapat banyak hal yang menjadi pertimbangan. Ada pun hal-hal yang patut menjadi pertimbangan anda dalam memiliki asuransi terbaik adalah sebagai berikut:

  • Pahami produk asuransinya

Secara garis besar terdapat dua tipe produk asuransi yang biasa ditawarkan oleh perusahaan asuransi kesehatan, yaitu hospital benefit dan hospital tunai plan. Produk hospital benefit akan mengganti biaya perawatan anda secara terperinci untuk semua anggaran yang anda keluarkan ketika berobat di rumah sakit. Sedangkan hospital tunai plan adalah tipe produk asuransi yang akan memberikan uang penggantian sesuai dengan yang sudah tertulis dalam polis asuransi, walaupun tidak sesuai dengan biaya yang sebenarnya anda keluarkan.

Selain itu, anda juga harus mencermati sistem apa yang digunakan oleh produk asuransi tersebut. Terdapat dua sistem klaim yang digunakan, yaitu sistem cashless dan juga sistem reimbursemen. Dalam sistem cashless anda tidak perlu mengeluarkan uang sepersen pun, anda hanya perlu menunjukan kartu cashless yang diberikan pihak perusahaan. Sedangkan dalam sistem reimbursement anda harus membayar biaya tersebut terlebih dahulu dan nantinya perusahaan akan mengganti biaya tersebut.

  • Sesuaikan dengan kebutuhan anda

asuransi kesehatan terbaik untuk karyawan

Karena ada begitu banyak produk asuransi kesehatan, sudah pasti membuat anda bingung dan cenderung bisa membuat anda salah pilih dan tidak cocok dengan kebutuhan anda. Untuk menghindari hal tersebut, anda juga harus paham dengan kebutuhan kesehatan anda. Dengan memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan anda, penggunaan fasilitas dan manfaat pasti akan lebih optimal.

Namun bukan berarti anda bisa memilih produk apa saja yang memang anda pikir perlu, misalnya seperti memilih produk dengan layanan kamar VIP, padahal keadaan finansial anda tidak mampu untuk membayar premi produk dengan layanan seperti itu. Sesuaikan produk asuransi tersebut dengan kebutuhan dan kemampuan finansial anda.

  • Ketahui manfaat yang didapatkan

Tiap-tiap produk asuransi kesehatan akan memberikan manfaat yang berbeda-beda. Penting bagi anda untuk mengetahui dengan jelas manfaat yang akan anda dapatkan dengan menggunakan produk asuransi tertentu. Misalnya seperti manfaat biaya perawatan gigi, biaya optik, biaya operasi dan sebagiannya. Manfaat-manfaat tersebut akan tertulis dengan jelas pada polis asuransi yang anda setujui. Oleh sebab itu, sebelum anda menyetujui polis asuransi tersebut anda juga harus memahami isinya. Jangan sampai anda memilih produk asuransi dengan manfaat yang tidak sesuai kebutuhan anda.

Biasanya agen asuransi yang menawarkan produk kepada anda, akan menawarkan manfaat tambahan yang disebut dengan rider. Misalnya dalam satu produk asuransi telah diberikan manfaat dasar yaitu biaya rawat jalan, rawat inap dan santunan kematian. Ada manfaat tambahan yang ditawarkan seperti biaya gigi, biaya kemoterapi dan biaya optik. Jika anda menggunakan kacamata maka anda bisa mengambil manfaat tambahan berupa biaya optik.

Ketiga hal tersebut merupakan hal penting mendasar yang harus anda perhatikan dalam memilih asuransi kesehatan terbaik untuk karyawan seperti anda. Dengan menggunakan produk asuransi yang sesuai, manfaat asuransi tersebut pasti lebih terasa.

Leave a Reply

Top