You are here
Home > Info > Memilih Perusahaan Asuransi Yang Baik dari Otoritas Jasa Keuangan

Memilih Perusahaan Asuransi Yang Baik dari Otoritas Jasa Keuangan

asuransi yang baik

Ketika anda ingin membeli asuransi, jangan hanya mencermati manfaat yang mampu diberikan produk asuransi tersebut, namun anda juga cermat dalam memilih perusahaan asuransi. Kebanyakan orang dalam memilih asuransi hanya berpacu pada premi yang murah dan manfaat yang diberikan asuransi tersebut, tanpa memahami profil perusahaan asuransi yang baik. Hal tersebut bisa menyebabkan pengajuan klaim atau pun pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan yang sudah dijanjikan.

Untuk menghindari hal tersebut, anda harus mengenali perusahaan asuransi yang anda pilih terlebih dahulu. Ada beberapa hal penting dalam mengenali perusahaan asuransi yang baik yang telah dikeluarkan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), antara lain adalah berikut ini:

  • Dalam List OJK

Biasanya perusahaan asuransi yang resmi dan unggul terdaftar dalam OJK. Anda bisa mengeceknya melalui website OJK yaitu www.ojk.go.id atau menghubungi layanan konsumen OJK. Anda juga bisa mendapatkan informasi detail mengenai perusahaan terkait.

  • Cermati Laporan Keuangannya

Otoritas Jasa Keungan biasanya menerapkan aturan untuk perusahaan asuransi agar membuat laporan tata kelola perusahaan setiap tahun yang berupa laporan keuangan, laporan operasional dan laporan lainnya yang sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Hal tersebut akan disampaikan OJK melalui surat edaran pada perusahaan asuransi. Anda bisa memantau kinerja perusahaan asuransi dari keuntungan yang mereka peroleh setiap tahun. Jika anda tidak paham dengan laporan yang jumlahnya cukup banyak, anda bisa bertanya pada agen asuransi atau pada layanan konsumen OJK.

  • Analis Resiko yang Ahli

asuransi yang baik

Jika sebuah perusahaan asuransi sudah unggul dan baik pasti akan memiliki underwriter profesional. Underwriter merupakan orang yang bertugas menganalisis resiko, menetapkan syarat dan ketentuan asuransi, serta yang menetapkan besarnya premi di perusahaan asuransi terkait. Kalau perusahaan tersebut tidak menggunakan tenaga underwriter yang ahli maka patut diragukan kualitas perusahaan tersebut dan juga produk-produk yang ditawarkannya.

  • Cermati Rekam Jejak

Hal yang penting dilakukan adalah mengetahui rekam jejak perusahaan asuransi. Misalnya adalah berapa lama proses penerbitan polis oleh perusahaan tersebut, atau berapa lama proses pengajuan klaim dilakukan. Anda bisa bertanya kepada agen asuransi perusahaan tersebut atau pada layanan konsumennya. Anda juga perlu menanyakan pelayanan tambahan yang ditawarkan dan kualitas rumah sakit rekanan asuransi tersebut.

Selain dari profil perusahaan itu sendiri, agen asuransi juga mencerminkan sebuah asuransi yang baik dan mampu memberikan layanan sesuai denga kebutuhan nasabah. Pilihlah agen asuransi yang terpercaya. Agen asuransi yang baik adalah agen asuransi yang profesional yang bertindak sebagai mitra kerja anda, bukan hanya sekedar menawarkan produk asuransi kepada anda. Jika agen asuransi tersebut memang sigap dan mampu membimbing anda dalam segala proses yang berkaitan dengan produk asuransi yang anda pilih, maka bisa dikatakan ia adalah agen asuransi yang profesional.

Anda harus memastikan bahwa agen asuransi tersebut membantu anda dalam mengurus pembelian produk. Nilai profesionalisme seorang agen asuransi juga bisa dilihat apakah dia memiliki lisensi yang diberikan oleh AAJI atau tidak. Biasanya agen asuransi berlisensi mampu menjelaskan secara detail perihal produk asuransi. Produk asuransi yang ditawarkan juga berdasarkan pendapat agen asuransi tersebut saja, namun berdasarkan pada kebutuhan dan kemampuan anda sebagai nasabah pengguna asuransi. Agen asuransi yang baik akan menjelaskan apa saja hak dan manfaat yang bisa anda dapatkan secara detail tanpa ada yang ditutup-tutupi.

 

Leave a Reply

Top