You are here
Home > Info > Cara Menyelesaikan Hutang Dengan Cara Terbaik Yang Bisa Dilakukan

Cara Menyelesaikan Hutang Dengan Cara Terbaik Yang Bisa Dilakukan

cara menyelesaikan hutang

Hutang yang menumpuk dapat membuat kesal dan stress, baik itu berjumlah kecil maupun besar. Hutang kecil biasanya hanya uang jajan yang dipinjam ke teman, dan yang besar biasanya dengan kartu kredit yang memiliki suku bunga di dalamnya. Tapi bagaimanapun, yang namanya hutang wajib hukumnya untuk dibayarkan. Karena berhutang dapat membuat hidup tidak tenang, malu, atau bahkan frustasi karena dikejar-kejar oleh penagih hutang atau dept collector. Pasti banyak dari kalian yang ingin segera melunasi hutang-hutang tersebut, akan tetapi tidak luput dari kendala-kendala yang harus dihadapi sehingga menyebabkan kalian sulit dalam membayar hutang tersebut. Oleh karena itu, berikut adalah cara menyelesaikan hutang yang cukup bisa untuk membantu kalian dalam melunasi hutang yang ada.

  1. Niat dan Fokus

Tanpa niat yang serius, sampai kapanpun, hutang tersebut tidak akan pernah lunas, yang ada hanya menunda dan menundanya terus. Oleh karena itu, luruskanlah niat kalian bahwa kalian akan dan harus membayar hutang yang ada sampai tuntas. Berhenti stress karena fikiran negatif yang timbul karena hutang, berfikirlah positif, pikirkan bahwa kalian akan bahagia karena terbebas dari hutang.

  1. Jangan menghindar.

Terjebak dalam lingkaran hutang adalah hal yang sudah sering dilakukan orang pada saat ini. Bahkan itu adalah hal yang wajar dan dapat diselesaikan. Oleh karena itu, jangan sampai kalian menghindar dari si pemberi atau penagih hutang, karena semakin kalian menghindar, semakin besar pula masalah yang akan kalian dapatkan, karena akan menimbulkan pikiran negatif ke si pemberi hutang. Bisa saja mereka berfikir bahwa kalian akan melarikan diri atau lain sebagainya. Hadapi dan ajak bicara dengan baik-baik. Tawarkan solusi dan ajaklah berdiskusi. Alangkah baiknya apabila kalian berhasil dan mendapat perpanjangan waktu untuk membayar hutang kalian tersebut.

  1. Jangan berhutang untuk membayar hutang.

”Gali lobang tutup lobang” adalah pepatah yang tepat untuk hal ini. Membayar hutang dengan berhutang ke orang lain hanya akan menambah masalah, karena setelah kalian selesai dengan hutang yang ada, tanpa sadar kalian telah masuk ke masalah yang baru, belum lagi kalau sampai uang yang kita pinjam ini memiliki nilai suku bunga, bukannya terlepas dari masalah, malah memperumit masalah. Sama saja dengan mengatasi masalah dengan masalah.

cara menyelesaikan hutang

  1. Buat daftar hutang dan prioritas pembayaran

List semua daftar hutang yang ada, urutkan dari yang terbesar hingga ke yang terkecil. Jangan lupa cantumkan suku bunga yang berlaku dari tiap-tiap hutang. Utamakan hutang dengan suku bunga yang tinggi, karena dengan begitu, biaya bunga dari hutang tersebut dapat segera selesai dan tidak menumpuk terus, sehingga akan terkesan kita sibuk membayar bunga, bukan orangnya.

  1. Berhenti membeli hal-hal yang tidak diperlukan.

Jangan utamakan gengsi, jangan belanja berlebihan, jangan nongkrong di café, dan lain sebagainya yang tidak terlalu penting, karena semakin banyak uang yang disisakan terhadap hutang, semakin cepat pula hutangnya selesai. Hal tersebut bukanlah masalah yang besar, selama bukan kebutuhan primer, kita tidak terlalu membutuhkannya atau terbilang tidak terlalu penting.

Hal yang sering terlupa. Sudah banyak hutang, lupa dengan Tuhan, lengkap sudah penderitaannya. Yang harus kalian lakukan sekarang adalah mendekatkan diri kepada Tuhan. Setelah segala upaya telah kalian lakukan, hal terakhir yang terpenting adalah berserah diri dan berdoa kepada Tuhan SWT.

Itulah beberapa cara menyelesaikan hutang yang sekiranya dapat membantu kalian dalam melunasi hutang yang ada. Dan seriuslah! Karena semakin serius kalian membayar hutang, semakin cepat pula kalian terbebas dari hutang dan hidup bahagia.

Leave a Reply

Top