You are here
Home > Kredit > Gadai Rumah di Pegadaian untuk Seluruh Masyarakat Indonesia

Gadai Rumah di Pegadaian untuk Seluruh Masyarakat Indonesia

gadai rumah di Pegadaian

Jika anda sudah pernah meminjam uang kepada teman atau kerabat dengan menjaminkan barang berharga yang anda miliki, berarti anda sudah mempraktikan konsep gadai. Cara ini banyak dipraktikan masyarakat Indonesia karena terbilang cepat. Anda bisa mendapatkan uang tunai namun tetap dapat memiliki barang anda ketika sudah ditebus kembali. Begitu populernya praktik gadai dikalangan masyarakat Indonesia, pada tahun 1901 terbentuklah sebuah lembaga gadai dengan nama PT Pegadaian Persero dengan slogan “Mengatasi Masalah Tanpa Masalah”. PT Pegadaian Persero memiliki banyak cabang hingga pelosok Indonesia guna memberikan pelayanan gadai rumah di Pegadaian pada masyarakat. Singkatnya, definisi Pegadaian adalah salah satu tempat dimana anda bisa mendapatkan dana tunai tanpa menjual barang berharga anda.

Seiring dengan berkembangnya waktu, selain berfungsi sebagai tempat mengadaikan barang untuk memberikan uang tunai, Pegadaian memberikan pelayanan untuk;

  • Investasi (biasanya logam mulia)
  • Jual beli logam mulia
  • Pengiriman dan penerimaan uang
  • Penitipan barang.

Aktivitas gadai tidak pernah sepi, terutama menjelang hari-hari besar seperti Hari Raya Idul Fitri, Hari Natal, dan lain-lain. Biasanya, ketika tahun ajaran baru mulai, banyak orang tua yang datang untuk menggadaikan barang untuk biaya sekolah anak.

Alasan orang-orang lebih memilih untuk menggadaikan barang karena dinilai paling mudah, aman, dan cepat. Dalam waktu kurang dari satu jam, anda akan mendapatkan uang tunai. Barang yang anda gadaikan juga mendapat asuransi sehingga tidak perlu khawatir jikalau barang rusak atau hilang. Alasan lainnya adalah karena praktik gadai ini akrab dengan masyarakat Indonesia kelas menengah ke bawah.

Apa saja barang-barang yang bisa anda gadaikan? Yang populer sebagai objek gadai adalah BPKB motor atau mobil, karena semua orang pasti memiliki kendaraan. Anda juga bisa melakukan gadai rumah di Pegadaian. Gadai rumah di Pegadaian maksudnya adalah anda menggunakan sertifikat rumah sebagai objek gadai. Selain itu, emas dan barang elektronik juga bisa dijadikan objek gadai.

gadai rumah di Pegadaian

Jika dilihat dari cara kerjanya, Pegadaian terbagi menjadi dua, yaitu; konvensional dan syariah. Pegadaian konvensional cara kerjanya seperti biasa. Anda langsung data ke Pegadaian beserta barang yang ingin anda gadaikan. Petugas akan menaksir harga barang yang anda gadaikan dan memberika pinjaman uang dengan tenor 4 bulan. Karena Pegadaian merupakan lembaga keuangan seperti bank, maka anda akan dikenakan biaya jasa atau yang biasa disebut bunga.

Untuk Pegadaian Syariah, prosesnya sama seperti Pegadaian konvensional. Tenor yang diberikan juga sama, yaitu selama 4 bulan. Yang membedakannya adalah biaya jasa yang diganti dengan biaya penitipan. Biaya penitipan ini peminjam akan menitipkan barang yang nilainya sudah ditaksir oleh petugas. Biaya penitipan ini disesuaikan dengan rate barang, bukan persentase nilai barang.

Biasanya, jika jumlah pinjaman yang anda inginkan masih berkisar antara Rp 5.000.000 – Rp 10.000.000 anda bisa menggunakan BPKB motor atau mobil anda untuk di gadaikan, namun jika sudah diatas itu anda harus menyerahkan objek gadai yang lebih berharga seperti sertifikat rumah atau barang elektronik tertentu. Orang yang melakukan gadai rumah di Pegadaian biasanya yang membutuhkan dana untuk modal atau untuk pengembangan usahanya. Silahkan anda sesuaikan objeka gadai anda dengan nominal yang anda butuhkan.

Jika anda tertarik untuk menggadaikan barang berharga anda guna mendapatkan dana cepat, maka datanglah ke Pegadaian. Namun sebelum itu anda harus menyiapkan persyaratan seperti; membawa barang yang digadaikan, salinan identitas seperti; KTP atau SIM atau paspor, lalu anda tinggal mengisi formulir yang sudah disediakan. Kalau yang anda gadaikan kendaraan bermotor, maka anda wajib menyerahkan BPKB, STNK dan kuncinya. Sedangkan untuk gadai barang elektronik, anda perlu membawa kuitansi pembelian.

Leave a Reply

Top