You are here
Home > Info > Jurus Jitu Bebas Dari Hutang Untuk Keluar Dari Lingkaran Hutang

Jurus Jitu Bebas Dari Hutang Untuk Keluar Dari Lingkaran Hutang

bebas dari hutang

            Masalah keuangan adalah hal yang tidak jarang terjadi, dan ketika hal tersebut terjadi, hal yang paling sering dilakukan oleh banyak orang untuk mengatasinya adalah dengan berhutang. Namun faktanya, hutang atau pinjaman bisa menjadi masalah dan mimpi buruk bagi si peminjam karena mereka tidak melihat lebih dalam apa saja  resiko panjang dari hutang tersebut. Meskipun demikian, bisa jadi hutang adalah satu-satunya solusi yang ada untuk menyelesaikan permasalahan keuangan tersebut. Dan jika kita berani berhutang, maka kita harus memiliki jurus untuk menyelesaikannya. Berikut ini adalah jurus jitu bebas dari hutang untuk mempermudah apabila kalian sudah terjebak dalam lingkaran hutang.

  1. Utamakan membayar hutang yang memiliki suku bunga tinggi

Jika mempunyai kartu kredit atau tagihan dengan suku bunga tinggi dan mencekik, maka bayarlah hal tersebut terlebih dahulu. Karena uang yang dikumpulkan untuk membayar hutang pokok, akan terbuang sia-sia hanya untuk membayar bunga yang menumpuk. Untuk membayar hutang tentunya memerlukan usaha ekstra, dan perlu diingat bahwa melunasi hutang dengan suku bunga yang tinggi bukan berarti melupakan hutang yang lain. Memprioritaskan hutang yang bisa dibayarkan terlebih dahulu dan melihat lebih dalam mengapa hutang tersebut perlu diprioritaskan.

  1. Cek Pemasukan dan Pengeluaran Anda

Periksalah selalu tagihan yang harus dibayarkan dengan penghasilan tiap bulan. Buatlah rincian pengeluaran dari hal besar hingga hal kecil. Setelah ditelusuri, pasti kalian akan kaget karena ada saja kebutuhan dengan biaya yang lebih besar ketimbang biaya kebutuhan pokok. Jika menemukan hal tersebut, lakukan evaluasi dan hapuslah kebutuhan yang tidak penting dari anggaran bulanan, karna hanya akan memberatkan. Tidak akan terjadi masalah yang besar selama kebutuhan tersebut bukan kebutuhan primer.

  1. Cerdaslah saat Berbelanja

Selama kalian memiliki hutang, selama itu pula kalian wajib memilah dan memilih dalam membelanjakan uang yang dimiliki. Contoh: jika kalian ke kantor dan biasa membeli sarapan dengan biaya 25.000 per-hari, hal tersebut bisa dikurangi, dan mulailah berhemat dengan membuat makanan sendiri dari rumah, karena uang yang disisihkan tersebut bisa dialokasikan ke hutang.

bebas dari hutang

  1. Cari kerja tambahan

Kerja tambahan dapat dilakukan untuk membayar hutang. Karena waktu dan uang sangat sulit dicari, kerja tambahan yang biasa dilakukan adalah kerja paruh waktu. Pekerjaan tambahan yang dicari pun harus sesuai dengan kemampuan yang dimiliki agar waktu untuk bekerja bisa efisien dan tidak bentrok dengan pekerjaan utamanya, sehingga tidak terjadi kekacauan pengaturan waktu. Freelancer online bisa menjadi pilihan pekerjaan tambahan untuk kalian, karena pekerjaan ini bisa dilakukan di rumah sambil bersantai dengan keluarga dan tidak memerlukan waktu bekerja yg signifikan. Tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah banyak situs freelancer di Indonesia, sehingga dapat memudahkan kalian dalam memulai kerja tambahan jenis ini.

  1. Pengeluaran harus lebih sedikit dibanding pemasukan

Jika penghasilan kalian lebih kecil dari pengeluaran, berarti kalian akan sangat sulit bahkan gagal dalam upaya membayar hutang. Seperti yang telah diutarakan oleh ahli ekonomi tentang teori perencanaan keuangan, total pengeluaran untuk biaya bulanan pokok tidak boleh dari sepertiga penghasilan bulanan, karena sisa 2/3 tersebut bisa digunakan untuk investasi, tabungan, asuransi, dan dana darurat.

  1. Jangan mengulur pembayaran

Apabila uang kalian sudah cukup untuk membayar hutang, segeralah bayarkan hutang tersebut. Karena jika ditunda, akan muncul hal yang fatal, seperti bisa saja uangnya terpakai baik untuk kebutuhan kalian maupun hal-hal yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Dan selalu ingat bahwa menunda hutang malah akan menambah beban, karena kalian akan mendapatkan denda dan itu akan memberatkan.

  1. Dukungan dari keluarga

Ajak keluarga untuk sama-sama berhemat dan berilah penjelasan secara baik-baik mengenai hutang. Berusahalah memberikan hadiah atau bentuk apresiasi ke keluarga kalian saat kalian telah terbebas dari hutang dan keadaan keuangan kalian telah stabil. Dengan begini, seluruh anggota keluarga pun akan mendukung misi penghematan dan pemotongan anggaran belanja, karena dukungan keluarga sangat penting untuk kelangsungan ekonomi keluarga kalian juga.

Mulailah mengelola keuangan dengan baik, karena dengan begitu kalian akan menghindarkan diri kalian dari situasi “Besar pasak dari pada tiang”. Kalian bisa mencoba jurus-jurus di atas ketika kalian terjebak dalam lingkaran hutang dan ingin segera bebas dari hutang tersebut. Semoga bisa membantu kalian terbebas dari hutang, pinjaman, tagihan yang membuat tidur anda tidak nyenyak. Jangan lupa selalu istiqomah.

Leave a Reply

Top