You are here
Home > Bisnis > Kegiatan Mobil Gadaian Bekas Lelangan atau Kredit Cepat Dan Mudah

Kegiatan Mobil Gadaian Bekas Lelangan atau Kredit Cepat Dan Mudah

mobil gadaian

           Penjualan mobil bekas saat ini terbukti memiliki masang pasarnya tersendiri. Tingginya hasrat konsumen untuk membeli mobil baru dengan sistem kredit sering kali tidak diimbangin dengan kemampuan dalam mencicil angsuran yang ada. Sehingga, hal ini menyebabkan ditariknya mobil tersebut oleh pihak bank dari tangan konsumennya. Pada tahapan ini, mobil tersebut telah dikuasai sepenuhnya oleh pihak lembaga keuangan yang sebelumnya memberikan mobil itu secara kredit kepada konsumennya. Yang kemudian mobil gadaian atau kredit tersebut, akan di lelang kembali oleh pihak lembaga keuangan.

            Ini menjadi fakta yang sebetulnya serba salah. Jika kita melihat kondisinya, mobil tersebut sebetulnya sudah dibayarkan lunas oleh pihak lembaga keuangan yang kemudian dijual kembali dengan cara kredit berbunga kepada konsumennya guna mendapatkan laba dari kegiatan tersebut. Sementara, para konsumen menganggap bahwa prosedur kredit ini sebagai sebuah jalan keluar dalam meringankan beban pembelian mobil tersebut. Meskipun pemikiran seperti itu lama kelamaan membebani mereka sebab tidak memiliki dukungan finansial yang baik.

         Tentu saja pihak lembaga keuangan juga tidak ingin merugi. Ketika mobil tersebut sudah ditarik dari tangan konsumen yang terlambat atau tidak mampu membayar angsuran, tentu saja mobil tersebut akan dijual kembali untuk memperolah dana yang sebelumnya sudah dikeluarkan. Salah satu caranya adalah melalui balai lelang mobil bekas. Deputy Director of PT. BCA Finance, Punto Nugroho mengatakan “Lembaga pembiayaan berperan menentukan harga taksir pada tiap kendaraan, yang nantinya diberikan pada balai lelang. Kemudian, balai lelang yang akan mempublikasikan informasi apabila ada sejumlah mobil yang akan dilelang,”

            Konsumen wajib jeli, hal ini dikarenakan kondisi mobil yang dilelang ini apa adanya. Baik dari kondisi fisik, mesin maupun interiornya. Hal yang paling umum mengenai lokasi lelang adalah, informasi seputar lelang tersebut wajib diumumkan lewat media cetak oleh pengelola balai lelang itu. Beberapa dari balai lelang di jakarta sering kali menjadi tempat pelelangan mobil bekas yang rutin digelar setiap minggunya. Contoh dari beberapa balai lelang tersebut ialah Balai lelang Ibid, Balai Lelang Astria, dan Balain Lelang JBA Indonesia. Balai lelang mobil bekas ini juga tentu sudah memiliki websitenya masing-masing yang berisikan beragam informasi mengenai pelelangan mobil bekas itu sendiri.

mobil gadaian

            Tentu saja berburu mobil bekas yang sudah masuk balai lelang menjadi hal yang menarik sebab hampir semua mobil yang dilelangkan dibuka dengan harga yang relatif murah. Meskipun selanjutnya mobil tersebut akan jatuh ke tangan orang yang paling kuat menawar mobil itu dengan harga terbaik.

            Pelaku dari kegiatan lelang ini bisa jadi perorangan, pedagan, maupun suatu perusahaan atau lembaga yang pembelian kendaraannya lelang itu bisa secara kontan. Hal pertama yang perlu dilakukan sebagai seorang pemburu mobil bekas ialah harus mengetahui dengan jelas siapa pihak penyelenggara dari kegiatan lelang tersebut, jadwal dari pelelangan sampai ke jenis dan tipe mobil yang dilelang. Karena terkadang informasi mengenai pelelangan tersebut kurang bisa dicari dan tidak banyak orang yang tahu.

            Agar bisa mendapatkan harga terbaik, sebaiknya anda pelajari terlebih dahulu tata cara kegiatan di balai lelang. Anda perlu mempelajari proses dan mekanisme lelang dari awal sampai akhir. Karena hal ini penting untuk dilakukan agar anda dapat menentukan langkah-langkah selanjutnya dalam lelang tersebut.

            Itulah tadi cara yang bisa anda lakukan ketika ingin membeli mobil gadaian atau bekas kredit yang ditarik oleh pihak lembaga keuangan seperti Bank dan Pegadaian. Membeli mobil di tempat lelang memang susah-susah gampang, tergantung bagaiman kejelian anda dalam proses lelang tersebut.

Leave a Reply

Top