You are here
Home > Info > Ingin Tahu Lembaga Asuransi Di Indonesia? Sangat Penting Loh

Ingin Tahu Lembaga Asuransi Di Indonesia? Sangat Penting Loh

lembaga asuransi di Indonesia

Di Indonesia tidak terlalu banyak lembaga yang bergerak dalam bidang dunia perasuransian, sebenarnya ada lembaga AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia) dan OJK (Otoritas Jasa Keuangan), tetapi lembaga ini harus dibantu oleh lembaga lainnya yang bergerak di dalam bidang perasuransian untuk mempermudah pekerjaan lembaga-lembaga ini dalam menjalankan pengawasan terhadap perusahaan-perusahaan asuransi di Indonesia. Lembaga asuransi di Indonesia sebenarnya perlu pembaharuan demi kenyamanan masyarakat dalam ikut serta dalam sebuah produk dari perusahaan asuransi yang berdiri di Indonesia, karena ini menyangkut dana yang dihimpun dari masyarakat luas.

Dalam peraturan pemerintah pada saat ini setiap perusahaan-perusahaan penyedia jasa keuangan maupun perasuransian harus terdaftar di dalam OJK, OJK ini bertugas memantau aluran kas yang dilakukan oleh perusahaan penyedia jasa keuangan atau perasuransian dalam penggunaan pendanaan yang bersumber dari masyarakat luas agar tidak terjadi penyelewengan atas dana-dana tersebut. Peran OJK sangatlah penting dalam mengawasi kegiatan usaha dalam jasa keuangan dan perasuransian tatapi sebenarnya pemerintah perlu membuat lembaga yang membantu OJK dalam memantau perusahaan-perusahaan ini sehingga peran OJK dalam mengawasi keuangan suatu perusahaan asuransi menjdai lebih atau sangat maksimal.

Sedangkan lembaga AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia) yaitu sebuah lembaga atau sebagai wadah dan penyalur aspirasi perusahaan asuransi dan reasuransi di Indonesia untuk menciptakan, memelihara serta memupuk kerjasama yang saling memberi manfaat untuk pengembangan usaha asuransi di Indonesia. Para pengurus utama AAJI adalah tenaga yang sangat profesional dalm industri asuransi jiwa dan reasuransi di Indonesia yang dipilih setiap lima tahun sekaliuntuk memastikan organisasi menjalankan fungsi dan perannya dengan sangat baik. Di sisi lain juga lembagha AAJI ini merupakan satu-satunya lembaga/asosiasi yang memiliki kewenangan untuk menyelenggarakan ujian dan memberikan lisensi bagi tenaga pemasar asuransi jiwa profesional dari seluruh perusahaan anggota di Indonesia.

Lembaga Asuransi Di Indonesia

Sekarang sedang marak banyaknya perusahaan-perusahaan penyedia jasa asuransi yang berdiri ilegal tanpa memenuhi peraturan-peraturan dan SOP (standart operasional )yang berlaku saat ini, bahkan perusahaan auransi tersebut tidak memiliki izin usaha dan tidak diawasi oleh OJK, banyak oknum-oknum yang jahat bermain dan menipu para calon klien mereka, mereka berkedok sebagai pihak asuransi yang sudah lama berdiri dan serta memberikan suatu kelebihan suatu produk yang tidak masuk akal tetapi sebenarnya mereka perusahaan money game yang dapat merugikan masyarakat banyak, karena dari pada itu betapa pentingnya pengawasan yang efisien dari lembaga asuransi yag berdiri di Indonesia. Bahkan da perusahaan-perusahaan ilegal tetapi mengaku memiliki sertifikat dan diawasi oleh OJK tapi pada kenyataannya perusahaan tersebut ternyata perusahaan money game yang menipu banyak masyaraka Indonesia.

Sebuah lembaga pengawas keuangan suatu perusahaan seperti OJK menjadi sangat tidak efisien kalau mereka bekerja tanpa dibantu oleh lembaga lain, bantuan dari lembaga lainlah yang membuat peran OJK sebagai pengawas keuangan suatu perusahaan yang berdiri dan bergerak dalam menghimpun dana dari masyarakat luas, OJK juga memberikan sertifikat mereka kepada pihak bank, salah satunya bank yang sudah sangat terkemuka yaitu Bank Central Asia (BCA), bank ini sudah diawasi oleh OJK, jadi anda bisa dengan aman dalam menabung atau melakukan kredit disalah satu bank ini karena keuangan bank ini sudah diawasi oleh pihak OJK dan tidak mungkin terjadi penyelewengan.

Cukup sekian artikel pada hari ini, jadi disimpulkan bahwa betapa pentingnya lembaga asuransi di Indonesia dalam mengawasi suatu keadaan keuangan perusahaan agar tidak terjadi penyelewengan dari dana himpunan masyarakat, bterima kasih.

Leave a Reply

Top