You are here
Home > Info > Amalan Melunasi Hutang Dengan Surat Ali Imron Serta Terjemahannya

Amalan Melunasi Hutang Dengan Surat Ali Imron Serta Terjemahannya

amalan melunasi hutang

            Hutang adalah sebuah pinjaman yang dilakukan oleh satu orang kepada orang lain. Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa hutang sering kali membuat banyak orang merasa kehilangan ketenangan dalam menjalani hidupnya. Sering kali merasa gelisah dan terancam sebab belum bisa melunasi hutang yang dimilikinya. Tidak hanya itu, dikejar oleh penagih hutang seperti debt collector dan di intimidasi membuat orang tersebut merasakan ketakutan yang berlebihan. Bahkan ada kondisi dimana seseorang melakukan tindakan bunuh diri agar bisa terhindar dari hutang. Pada kondisi seperti inilah anda perlu memahami amalan melunasi hutang agar tidak mengalami ketakutan dan kecemasan yang berlebihan.

            Apabila orang yang memberikan pinjaman uang tersebut merasa tidak rela ketika uangnya belum anda kembalikan. Maka hutang tersebut akan ditagih di akhirat kelak, sehingga jelas ini akan lebih membahayakan lagi. Maka dari itu, inilah 5 hal mendasar yang bisa anda lakukan sebelum membaca amalan melunasi hutang, yakni:

  1. Terimalah Kondisi anda.

            Saat ini banyak sekali orang yang ingin segera terbebas dari hutang, sehingga terkadang nafsu tersebut berubah menjadi energi negatif yang bisa menkontaminasi hati dan pikiran anda membuatnya menjadi tidak jernih. Untuk itu terima saja kondisi anda saat ini, dan seringkanlah merasa ikhlas pada keadaan anda agar tidak menjadi beban di hati.

  1. Perbaiki Ibadah.

            Ini merupakan hal yang sering terlupakan oleh orang-orang yang hatinya terbawa rasa negatif akibat berhutang. Padahal, ketika anda rajib beribadah dan juga membaca kitab suci Al-Qur’an niscaya hati anda akan tenang dan pikiran pun akan tentram.

  1. Merenunglah.

            Merenung bisa membuat anda menyadari perbuatan-perbuatan anda ketika hendak berhutang dan sampai terbelit hutang. Dengan begitu, anda akan memahami letak kesalahan anda sehingga mampu dihindari dikemudian hari. Lihat apakah hutang ini merupakan karma atas perlakuan anda pada sesama umat manusia, ataukah hasil akibat dari perbuatan buruk anda. pahami kondisi hati anda dan yakinkan bahwa anda akan berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

  1. Pasrahkan urusan Anda kepada-Nya

            Terkadang masih saja ada orang yang belum sepenuhnya berpasrah kepada Allah SWT. Sehingga sering kali apa yang coba dilakukannya sering kali tidak membuahkan hasil yang menenangkan hati. Berpasrah bukan berarti putus asa, sebab putus asa identik dengan kata menyerah.

            Anda harus yakin bahwa masih ada cara untuk melunasi hutang meskipun hal itu merupakan hutang yang besar dan jumlahnya banyak. Dengan keyakinan, anda abisa menyingkirkan perasaan takut dan cemas dalam diri anda.

  1. Berbuat baiklah kepada orang tua.

            Ini dapat dikatakan sebagai suatu yang amatlah penting. Ketika anda berbuat baik kepada kedua orang anda, hidup akan terasa lebih mudah dan beban beban yang anda terima saat ini pun pasti akan terasa lebih ringan. Hal ini diyakini oleh mustajabnya doa kedua orang tua asalkan anda benar-benar meyakininya.

amalan melunasi hutang

            Setelah anda memahami kelima hal tersebut, selanjutnya anda bisa membaca amalan melunasi hutang yang diambil dari ayat suci Al-Qur’an yaitu:

قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَن تَشَاء وَتَنزِعُ الْمُلْكَ مِمَّن تَشَاء وَتُعِزُّ مَن تَشَاء وَتُذِلُّ مَن تَشَاء بِيَدِكَ الْخَيْرُ إِنَّكَ عَلَىَ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ -٢٦

تُولِجُ اللَّيْلَ فِي الْنَّهَارِ وَتُولِجُ النَّهَارَ فِي اللَّيْلِ وَتُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَتُخْرِجُ الَمَيَّتَ مِنَ الْحَيِّ وَتَرْزُقُ مَن تَشَاء بِغَيْرِ حِسَابٍ -٢٧

Quli Allaahumma Maalika Almulki Tu’tii Al Mulka Man Tasyaau Watanzi’u Almulka Mimman Tasyaau Watu’izzu Man Tasyaau Watudzillu Man Tasyaau Biyadika Alkhayru Innaka ‘Alaa Kulli Syay-In Qadiirun

Tuuliju Allayla Fii Alnnahaari Watuuliju Alnnahaara Fii Allayli Watukhriju Alhayya Mina Almayyiti Watukhriju Almayyita Mina Alhayyi Watarzuqu Man Tasyaau Bighayri Hisaabin (Ali Imron: 26-27)

Katakanlah: “Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”.

Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rezki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab (batas).

            Itulah amalan melunasi hutang yang bisa anda lakukan ketika ingin segera terbebas dari hutang secepat yang anda bisa. Amalan ini berasal dari Al-Qur’an surat Ali Imron ayat 36-27. Anda dapat membaca doa ini setelah sholat Magrib dan Shubuh, usahakanlah diri anda masih dalam keadaan suci (berwudhu).

Leave a Reply

Top