You are here
Home > Info > Pengertian Perusahaan Asuransi dan Berbagai Produk yang Ada Didalamnya

Pengertian Perusahaan Asuransi dan Berbagai Produk yang Ada Didalamnya

pengertian perusahaan asuransi

Pesatnya perkembangan asuransi di dunia khususnya di Indonesia diakibatkan oleh jaman yang juga semakin berkembang. Memiliki jaminan perlindungan adalah hal yang perlu dimiliki oleh banyak orang saat ini. Mungkin bagi mereka yang beli mengetahui pengertian perusahaan asuransi serta hal yang dilakukan perusahaan tersebut, dapat membuka internet sebab disana banyak sekali penjelasan-penjelasan baik secara umum maupun terperinci mengeni asuransi dan perusahaan asuransi. Namun, jika diperhatikan dengan baik, penjelasan yang mereka berikan tidak sama, mungkin hal ini disebabkan oleh perbedaan sudut pandang dari masing-masing penulisnya. Namun pada intinya apa yang mereka jelaskan pasti menuju pada poin yang sama. Kami pun akan ikut menjabarkan perusahaan asuransi dan polis asuransi yang mereka berikan.

Perusahaan asuransi pada dasarnya merupakan lembaga penyedia layanan polis asuransi yang bertujuan untuk melindungi individu atau nasabah mereka dari bebagai macam resiko dan ancaman kerugian yang dialami dengan membayarkan premi secara teratur. Perusahaan asuransi bekerja dengan cara menyatukan resiko dari sejumlah pemegang polis asuransi.

Sedangkan polis asuransi  yang dimaksud adalah suatu perjanjian asuransi atau yang bisa dikatakan sebagai pertanggunan yang bersifak konsensual dimana terdapat kesepakatan antara dua belah pihak, yaitu pihak nasabah dengan perusahaan asuransi tentunya. Polis asuransi yang dibuat haruslnya dibuat secara tertulis dengan bukti fisik dalam suatu akta antara mereka yang mengadakan perjanjian tersebut. Pada akta itu nantinya akan dibuat secara tertulis  yang dinamakan sebagai polis asuransi. Sehingga polis ini dapat dikatakan sebagai tanda bukti tertulis anta pihak nasabah dengan pihak perusahaan asuransi.

Asuransi yang ditawarkan oleh masing-masing perusahaan pun beragam mulai dari asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, dan kendaraan. Pada dasarnya itu adalah beberapa jenis asuransi secara umum yang digunakan oleh masyarakat saat ini. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing jenis asuransi mulai dari:

pengertian perusahaan asuransi

  1. Asuransi Jiwa

Jenis asuransi ini akan memberikan keuntungan finansial kepada mereka yang ditunjuk  sebagai penerima asuransi atas meninggalnya pihak tertanggung atau nasabah. Pihak perusahaan yang menyediakan layanan ini nantinya akan membayar setelah pihak nasabah telah meninggal dunia.

  1. Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan biasanya digunakan oleh orang tua yang memiliki anak. Asuransi ini akan diberikan kepada anak untuk memastikan anak tersebut mendapatkan pendidikan yang layak dikemudian hari. Besaran premi yang diterima para orang tua pun tergantung pada jenis pendidikan yang ingin diberikan ke anaknya nanti. Sehingga, asuransi jenis ini merupakan solusi yang tepat bagi masa depan anak anda.

  1. Asuransi kesehatan

Nah, untuk jenis asuransi ini memang paling banyak digunakan oleh masyarakat di dunia saat ini. Sebab, produk kasuransi ini ditujukan khusus untuk menangani permasalahan kesehatan saja yang diakibatkan oleh berbagai macam hal seperti penyakit dan kecelakaan. Perusahaan nantinya akan menanggung proses perawatan kepada pihak nasabah dan biasanya asuransi jenis ini melindungi pihak nasabah dari resiko cedera, sakit, cacat, bahkan kemadian yang disebabkan oleh kecelakaan. Dan asuransi jenis ini dapat didaftarkan untuk diri sendiri maupun untuk keluarga anda.

  1. Asuransi Kendaraan

Jenis asuransi yang satu ini adalah yang paling populer di Indonesia. Tingginya angka kecelakaan mobil membuat banyak masyarakat Indonesia yang mengambil jenis asuransi ini sebab ketika terjadi kecelakaan ataupun kehilangan, segala kerugiannya dapat digantikan oleh pihak perusahaan.

Demikianlah informasi mengenai pengertian perusahaan asuransi dan jenis asuransi yang bisa anda peroleh ketika ingin mendaftarkan diri pada sebuah layanan asuransi. Sebelum mendaftarkan diri ada baiknya anda memahami terlebih dahulu keunggulan dan kekurangan dari masing-masing perusahaan asuransi yang ada di Indonesia.

Leave a Reply

Top