You are here
Home > Info > Penuhilah Kewajiban Membayar Hutang Anda Dengan Cara Ini!

Penuhilah Kewajiban Membayar Hutang Anda Dengan Cara Ini!

Kewajiban membayar hutang

Akhir bulan adalah masa-masa yang menyenangkan dan ditunggu oleh para karyawan, tentunya karena uang gaji akan turun. Namun ada juga yang tidak senang saat akhir bulan datang, yaitu mereka yang memiliki kewajiban membayar hutang-hutang dari tagihan bulanan mereka, baik untuk pemakaian saldo kartu kredit, hingga cicilan rumah dan kendaraan bermotor. Untuk beberapa orang, hal ini tentu sangat memberatkan karena memotong gaji mereka. Apalagi jika hutang mereka dibiarkan menumpuk, tentunya akan semakin membuat orang frustasi. Maka dari itu, kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi hutang yang melilit.

Sebelum membahas mengenai cara membayar hutang anda, singkirkanlah dulu niat anda untuk menumpuk hutang karena butuh tekad yang kuat untuk melunasinya. Tekad inilah yang anda akan jadikan senjata untuk menahan berbagai godaan berbelanja atau menghambur-hamburkan uang, karena hal-hal inilah yang sangat menghambat anda dalam mengatur taktik untuk membayar hutang. Jangan tergoda untuk menikmati kemewahan sesaat, dan menderita seumur hidup karena tenggelam dalam hutang-hutang anda.

Sebagai permulaan, buatlah terlebih dahulu keseluruhan daftar hutang yang anda miliki, dari yang terkecil sampai dengan yang paling besar. Dengan begitu, anda akan mudah dalam me-review total hutang yang anda miliki serta memikirkan strategi untuk melunasinya. Penting bagi anda untuk menghitung bunga pada setiap hutang anda agar anda tidak salah mengkalkulasikan keseluruhannya. Banyak orang yang tidak menghitung langsung bunga hutang dan menjadi panik saat mereka salah menghitung pengeluaran mereka.

Kewajiban membayar hutang

Setelah anda memegang daftar hutang tersebut, anda bisa mencoba mencari cara paling ringan untuk membayar hutang-hutang itu. prioritaskanlah hutang yang kecil dan mudah untuk dilunasi sehingga tidak terus memberatkan anda. Sementara itu, Anda bisa melakukan pembayaran minimal terhadap hutang yang memiliki nominal besar. Selain hal diatas, anda juga dapat memprioritaskan pembayaran hutang yang berbunga tinggi terlebih dahulu, baru melunasi yang bunganya rendah. Anda pun disarankan untuk membayar dua kali dari pembayaran minimal jika anda memiliki kemampuan finansial yang stabil, sehingga beban hutangnya akan cepat selesai.

Sebisa mungkin, hindarilah cara “gali-tutup” untuk mengatasi permasalahan hutang anda, karena cara tersebut bisa menjadi bumerang bagi diri anda sendiri. Karena apabila anda salah dalam memilih jenis pinjaman, maka bukannya hutang anda yang lunas, namun besar kemungkinannya hutang anda malah bertambah.

Anda pun perlu menutup beberapa kartu kredit anda sebagai langkah preventif anda sebelum anda khilaf dan menambah hutang anda karena tergiur kepraktisan belanja dengan kartu kredit. Kalau perlu, musiumkanlah kartu kredit anda di rumah, dan jangan membawanya kemana-mana. Dengan melakukan hal ini, anda akan terhindar dari godaan berbelanja dengan kartu kredit. Meskipun besar godaannya, namun ada baiknya juga anda menyimpan kartu kredit aktif di rumah, karena dapat anda gunakan sewakut kebutuhan mendesak muncul.

Kewajiban membayar hutang adalah sesuatu yang perlu anda lakukan dengan segera. Tentunya anda tidak mau hidup anda terus dihantui oleh hutang-hutang yang belum lunas karena akan mengganggu kesehatan anda secara rohani dan jasmani. Oleh karena itu, bulatkanlah tekad anda untuk lepas dari belenggu hutang dan hidup bahagia!

Leave a Reply

Top