You are here
Home > Info > Perbedaan Ibadah Haji dan Umroh Yang Harus Kalian Ketahui

Perbedaan Ibadah Haji dan Umroh Yang Harus Kalian Ketahui

perbedaan haji dan umroh

Haji merupakan ibadah yang diwajibkan bagi setiap umat beragama Islam. Ibadah haji diwajibkan bagi umat muslim yang mampu memenuhi persyaratan ibadah. Sementara itu, ada pula umroh yang merupakan ibadah haji kecil yang biasanya dilakukan oleh sebagian kalangan yang belum mampu untuk melaksanakan ibadah haji dengan alasan kemampuan, kuota haji yang terbatas dan lain sebagainya. Diantara kedua jenis ibadah tersebut, tentu saja terdapat perbedaan yang mencolok diantara keduanya. Berikut ini beberapa perbedaan antara ibadah haji dan ibadah haji kecil yang perlu Anda ketahui, antara lain:

  • Tata cara dan rukun ibadah.

Ibadah haji terdiri dari berbagai rangkaian ibadah yang harus dipenuhi dengan baik. Beberapa rangkaian ibadah atau rukun haji yaitu terdiri dari ibadah ihram, wukuf di Arafah, tawaf, sa’i, tahalul dan tertib. Sedangkan tata cara ibadah haji kecil jauh lebih singkat, yaitu terdiri dari ihram, tawaf, sa’i, tahalul dan tertib. Dengan kata lain, jangka waktu pelaksanaan ibadah haji kecil jauh lebih singkat dan pendek daripada haji besar. Meski begitu, syarat umroh dan haji tidaklah berbeda, yakni terdiri dari:

  1. Beragama Islam
  2. Baligh
  3. Berakal Sehat
  4. Memiliki Kemampuan
  5. Mampu

perbedaan haji dan umroh

  • Waktu pelaksanaan.

Ibadah haji kecil bisa dilakukan kapan saja, tidak ada aturan waktu pelaksanaan yang mengikat atau membatasi seseorang untuk melaksanakan ibadah tersebut. Tak heran bila ibadah yang satu ini menjadi alternatif bagi seseorang yang merindukan tanah suci dan ingin beribadah ke sana untuk mengisi waktu kapanpun diinginkan. Sementara itu, ibadah haji yang sesungguhnya hanya bisa dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah. Tak heran jika jumlah calon jamaah haji yang sangat banyak membuat kuota haji terbatas.

  • Biaya.

Karena ibadah haji dilaksanakan melalui serangkaian proses ibadah yang panjang dan kompleks, tentu saja biaya yang harus dipersiapkan jauh lebih besar dibandingkan biaya umroh. Dengan kata lain, melaksanakan ibadah haji kecil bisa menjadi alternatif yang Anda lakukan untuk menjalankan ibadah ke tanah suci apabila dana yang terkumpul untuk menjalankan ibadah haji belum terpenuhi secara menyeluruh. Minimnya kuota haji juga menjadi alasan sebagian kalangan untuk menjalankan ibadah haji kecil terlebih dahulu sambil menunggu waktu.

Selain beberapa perbedaan tersebut, ada juga perbedaan lain yang harus diketahui dari ibadah umroh dan haji, yaitu mengenai persiapan ibadah yang harus dipenuhi. Meskipun keduanya membutuhkan persiapan yang matang dan baik, namun lamanya proses ibadah dan banyaknya tenaga yang dibutuhkan selama ibadah berlangsung membuat persiapan ibadah haji jauh lebih rumit dibandingkan ibadah haji kecil. Dengan kata lain, kesiapan dan kemampuan mental, fisik dan pembiayaan yang memadai menjadi pertimbangan penting untuk melaksanakan ibadah ke tanah suci.

Leave a Reply

Top