You are here
Home > Info > Tata Cara dalam Ibadah Haji Yang Wajib Dipenuhi Sebagai Syarat Haji

Tata Cara dalam Ibadah Haji Yang Wajib Dipenuhi Sebagai Syarat Haji

ibadah haji

Di era sekarang ini, banyak umat Muslim yang ingin menjalankan ibadah ke Tanah suci Mekkah di hari Idhul Adha. Pelaksanaan ibadah haji ini pun memang harus menunggu urutan karena untuk pendaftaran di tahun ini akan diberangkatkan di beberapa tahun lagi, kecuali ibadah plus yang memakan anggaran lebih mahal. Dengan demikian, para calon jamaah memang harus bersabar dengan masa tunggu yang relative lama, bisa mencapai 2 tahun lebih. Cepat lambatnya bergantung dengan nomor antrian yang dimiliki. Untuk menjadi calon jamaah ibadah ini, tak hanya kelengkapan dari segi finansial semata, tetapi juga ada yang lainnya. Tepatnya ialah pada syarat ibadah haji yang memang wajib dipenuhi, antara lain ialah:

  1. Beragama Islam atau Muslim.
  2. Mampu dalam segi finansial dengan pembayaran yang lunas.
  3. Sehat jasmani dan rohani atau sehat akal dan juga fisik.
  4. Merdeka.
  5. Baligh.

Dalam persyaratan wajib itupun, tentunya sebagai calon jamaah harus tahu tata cara beribadah di Mekkah ini, yang diantaranya ialah:

  • Thawwaf Qudum di Masjid Al Haram, dimana ibadah ini dilaksanakan sebelum tanggal 8 Dzulhijjah. Tak lupa pula bacaan wajib yakni Labbaikallahumma labbaik, labbaika laa syarika laka labbaik, Innal hamda wanni’mata laka wal mulk laa syarika laka.
  • Esok paginya di tanggal 9 Dzulhijjah, jamaah akan menuju ke padang Arafah untuk Wukuf. Ibadah dengan diam diri ini untuk meditasi dan memohon kepada Allah hingga Magrib menjelang. Malamnya melaksanakan Mabbit di Muzdalifah hingga tengah malam, kemudian jamaah pergi ke Mina untuk lempar jumroh.

ibadah haji

  • Jamaah melaksanakan jumlah sejumlah tujuh kali ke Jumroh Aqobah yakni di hari 10 Dzulhijjah. Setelah itu, nafae awal ke Masjidil haram untuk Thawaf ifadhah.
  • Tanggal 11 dan 12 Dzulhijjah para jamaah melempar jumrah sambungan ditugu pertama, kedua, dan ketiga dengan membaca takbir.
  • Jamaah kemudian ke Mekkah untuk Thawaf perpisahan.

Deretan prosedur tersebut pada biasanya telah diajarkan terlebih dahulu sebelum berangkat. Kebijakan pelatihan dengan nama manasik ini pada umumnya dilaksanakan selepas jamaah melunasi biaya ibadah haji. Terlebih saat dekat sebelum keberangkatan itu dimulai. Sehingga, Anda tak perlu khawatir, karena ada bimbingan sebelum keberangkatan. Pastinya semakin cepat pelunasan, semakin cepat pula keberangkatan Anda.

Kepengurusan dari segi finansial sangatlah penting, akan tetapi sebagai calon jamaah pun harus tahu tata cara pelaksanaan ibadah tersebut. Dengan begitu, pastikan pula Anda mengikuti dan memahami pelatihan manasik, demi kelancaran dalam beribadah nanti. Tak luput pula bahwa kesehatan yang prima juga sangat mendukung, melihat bahwa dalam ibadah haji ini memerlukan banyak tenaga dan kesabaran. Bila perlu, sembari menunggu masa keberangkatan, Anda perlu berlatih diri dalam mengoptimalkan kesehatan tubuh. Hingga nantinya tidak jatuh sakit yang dapat beresiko menghambat dan mengganggu keberlangsungan saat sedang beribadah.

Leave a Reply

Top