You are here
Home > Info > 4 Tips Menghindari Hutang agar Anda Tidak Terlilit Jeratan Hutang

4 Tips Menghindari Hutang agar Anda Tidak Terlilit Jeratan Hutang

Tips Menghindari Hutang

Satu hal yang harus anda pikirkan jika anda memutuskan untuk berhutang adalah, bagaimana cara untuk melunasinya. Ini merupakan hal yang sudah mutlak harus dipikirkan sebelum anda memutuskan untuk mengajukan hutang kepada siapapun yang anda kehendaki. Karena hutang adalah sesuatu yang harus dipertanggungjawabkan sampai di akhirat nanti, maka hal ini bukanlah satu permainan yang bisa anda jalani tanpa waspada. Jika anda memang seseorang yang memiliki perhitungan yang baik dalam hidup anda, maka anda hanya akan berfokus pada satu hal, yaitu bagaimana Tips Menghindari Hutang. Ini sangatlah penting bagi anda yang memiliki keinginan yang kuat untuk terbebas dari masalah berat dalam hidup.

Hutang seringkali menjadi satu pikiran besar yang harus dimusnahkan dalam otak. Hutang tidak hanya menganggu hidup anda, tetapi juga akan menganggu kesehatan anda jika anda terlalu lelah berpikir, atau terlalu lelah mencari uang untuk melunasi hutang-hutang anda. Tidak sedikit orang yang akhirnya menyerah, lalu jatuh sakit atau bahkan putus asa sampai bunuh diri. Hal ini haruslah sangat dihindari oleh masyarakat, dan kami akan sangat senang berbagi Tips Menghindari Hutang.

Pertama, Hindari keinginan-keinginan super tinggi yang membuat anda selalu merasa kurang. Kata “merasa kurang” ternyata bukan saja hanya milik masyarakat menengah ke bawah, tapi justru dirasakan oleh masyarakat menengah ke atas. Mengapa? Seringkali mereka merasa bahwa keinginan mereka haruslah terpenuhi. Maka mereka akan melakukan apapun untuk memenuhi hasrat mereka dalam memiliki sesuatu yang seharusnya tidak diperlukan dalam keadaan darurat.

Tips Menghindari Hutang yang kedua adalah, kurangi intensitas berjalan atau nongkrong dengan para sosialita. Geng sosialita memang terdengar keren sih guys, tapi kalau harus mengikuti gaya hidup mereka, jauh lebih baik dihindarkan. Karena seringkali mereka berlomba-lomba untuk memiliki barang terbaru, termahal, ter-update, terbaik, dan lainnya hanya untuk memenuhi hasrat mereka dalam pertemuan untuk saling membanggakan diri sendiri di setiap perkumpulannya. Engga banget kan? Apalagi kalau anda sampai terpengaruh dengan geng begini, siap-siap saja harta anda akan ludes tanpa manfaat apapun.

Tips Menghindari Hutang

Tips Menghindari Hutang yang selanjutnya adalah tentunya dengan tidak membiasakan diri sendiri untuk berhutang pada siapapun, dan sekecil apapun. Jangan biasakan berhutang walau dalam jumlah yang kecil, dan walaupun dengan orangtua atau sanak saudara sendiri. Kebiasaan berhutang akan mulai menyelimuti anda jika anda tidak pandai dalam mengatasinya. Berhutang bukanlah kebiasaan yang baik, tanamkan itu dalam hidup anda.

Selanjutnya, agar anda tidak ingin berhutang, maka anda harus berpikir bahwa diri anda tidak memiliki cukup uang untuk menggantinya di kemudian hari. Yakinlah bahwa harta anda tidak akan sama setiap harinya, maka anda tidak memastikan diri anda bahwa anda bisa selalu melunasi hutang anda tepat pada waktunya. Keyakinan ini akan membuat anda berpikir ribuan kali sebelum memutuskan berhutang.

Tips Menghindari Hutang yang terakhir adalah berpikirlah bahwa hutang hanya jalan terakhir yang bisa anda ambil. Anda masih bisa melakukan banyak hal selain berhutang untuk memenuhi kebutuhan anda dan orang-orang di sekitar anda. Jika pikiran ini sudah anda kuasai, maka penulisjamin,anda akan terbebas dari keinginan untuk berhutang. Tetaplah ingat bahwa hutang bukanlah sebuah jalan keluar.

Leave a Reply

Top