You are here
Home > Bisnis > Terpana Dengan Wisata Jogjakarta Suasana Pegunungan yang Sejuk

Terpana Dengan Wisata Jogjakarta Suasana Pegunungan yang Sejuk

wisata Jogja pegunungan

Bicara tentang kota Jogja tentu tidak lepas dari wisata alamnya yang luar biasa. Diapit oleh dua objek pariwisata terkenal yaitu Gunung Merapi dan Pantai Selatan, Wisata Jogja merupakan surga bagi mereka yang ingin mencari panorama alam yang mencengangkan hati. Tak ayal, Jogja tidak pernah sepi turis setiap tahunnya.

Untuk anda yang sedang ingin menikmati indahnya pegunungan, mengunjungi kota berjuluk Kota Pelajar ini adalah pilihan yang tepat. Berikut ini ada beberapa rekomendasi tempat pariwisata pegunungan di Jogja beserta dengan kegiatan wisata yang dapat anda lakukan disana.

  1. Gunung Merapi

Gunung ini tentu berada di urutan pertama dalam rekomendasi wisata pegunungan Jogja. Orang-orang yang hobi mendaki tentu akan sangat senang melakukan pendakian di gunung setinggi 2968 mdpl dan merupakan salah satu gunung berapi aktif di Indonesia. Semenjak erupsinya di tahun 2010 memang aktifitas pendakian di Gunung ini semakin berkurang tiap tahunnya, namun bukan berarti Gunung Merapi sepi pengunjung karena ada banyak kegiatan wisata lainnya yang bisa kita lakukan tanpa mendaki. Anda bisa mendatangi situs gua Jepang yang misterius di kaki Merapi dan juga melihat museum sisa hartaku yang memajang barang-barang yang tinggal kerangka akibat erupsi merapi. Kedengarannya cukup seru bukan?

  1. Kebun The Nglinggo

Anda bisa menemukan kebun teh di Kota Jogja, yaitu di desa wisata Nglinggo. Berada pada ketinggian 800 mdpl, udara di kebun teh ini cukup sejuk untuk dinikmati. Hamparan kebun teh yang luas & udara sejuknya akan membuat tubuh & batin kita kembali segar. Berjalan-jalanlah mengelilingi kebun teh Nglinggo dan lepaskanlah penat anda yang menumpuk.

wisata Jogja pegunungan

  1. Puncak Suroloyo

Puncak dengan ketinggian 2000 mdpl ini berlokasi tidak jauh dari kebun teh Nglinggo. Dari ketinggian Suroloyo, anda akan disajikan pemandangan alam yang luar biasa bagusnya. Anda bisa melihat keindahan Kulon Progo dan Magelang dari atas sana, sekaligus menikmati keindahan sunset dari Suroloyo. Anda pun bisa menikmati Sunrise yang bagus disini, namun terkadang pemandangannya tertutup kabut, sehingga waktu paling pas untuk anda ke Puncak Suroloyo adalah ketika senja tiba.

  1. Kalibiru

Objek wisata Kalibiru yang sangat hits akhir-akhir ini merupakan salah satu destinasi wisata pegunungan Jogja yang tidak boleh anda lewatkan. Anda dapat menyaksikan betapa indahnya Waduk Sermo yang dikelilingi pepohonan nan asri dari ketinggian. Panorama ini akan bertambah cantik jika anda menikmatinya saat sore hari. Jingganya cahaya matahari senja akan membuat pemandangannya amat menawan hati.

  1. Gunung Nglanggeran

Nah, objek wisata yang satu ini sangat cocok untuk anda yang hobi berkemah. Sering dikenal dengan sebutan Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 900 mdpl dan terbentuk dari batuan andesit dan lava beku. Ada beberapa puncak yang bisa anda pilih disini, yaitu Gunung Lima Jari, Gunung Kelir, Gunung Wayang & Gunung gedhe yang memiliki puncak tertinggi di sini. Hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk sampai di puncak Gunung Nglanggeran, sehingga sangat cocok dicoba untuk para pendaki pemula.

Itulah kelima rekomendasi wisata Jogja untuk anda yang sedang mencari wisata pegunungan asik. Semoga informasi diatas membantu anda dalam memilih tempat wisata yang seru di Jogjakarta.

Leave a Reply

Top